Benih Tanaman Cabai Impor Rugikan Petani Rawan Penyakit, Hati Hati

Benih Tanaman Cabai Impor Rugikan Petani Rawan Penyakit, Hati Hati dalam penggunaannya. Demikian saran dari Kepala Klinik Tanaman Departemen Proteksi Tanaman Institut Pertanian Bogor (IPB), Widodo.

Benih Tanaman Cabai Impor Rugikan Petani Rawan Penyakit

Benih Tanaman Cabai Impor Rugikan Petani Rawan Penyakit, Hati Hati

Widodo mengungkapkan, Benih tanaman cabai dari china yang terus berlangsung melalui perdagangan umum ataupun program pemerintah adalah tantangan berat bagi para petani.

Tim Klinik Tanaman menemukan fakta Penyakit penyakit baru yang muncul selama ini tenyata terbawa oleh benih Impor. Ungkap Widodo dalam Jumpa persnya.

Kasus ini ditemukan dari Tanaman cabai Import dari China di Bogor, Jawa Barat pada Penyakit Tanaman golongan A1

Departemen Proteksi Tanaman IPB bagian Klinik Tanaman mengungkapkan. 12 Jenis Organisme perusak tanaman ditemukan dalam kurun waktu dari 1994 sampai sekarang. IPB menggolongkannya menjadi OPTK yaitu singkatan dari Organisme Pengganggu Tanaman Karantina. Hal ini belum pernah terjadi di Indonesia

Serangga, Air, alat pertanian dan angin adalah media yang paling rentan untuk menularkan jenis penyakit ini dengan tanaman lain

Ketua Departemen Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian IPB, Surto Wiyono menambahkan. Petani adalah pihak paling dirugikan dengan mesuknya penyakit lewat benih.

Pendapatan Petani akan semakin menipis, karena biaya produksi pertanian akan meningkat dan menurunnya hasil produksi

Sangat sulit menghilangkan hama atau penyakit baru yang masuk ke Indonesia, tegasnya.

Contoh paling aktual adalah saat dibukanya keran Impor bawang merah pada 1997 yang ternyata disalahgunakan sebagai benih bawang merah, dan mengandung penyakit golongan A1.

Sampai saat ini belum ditemukan cara penyelesaiannya

Klinik Tanaman Departemen Proteksi Tanaman Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan lembaga yang kompeten dalam urusan Pertanian dan sangat diandalkan sebagai garda terdepan dalam perkembangan pertanian di Indonesia

Namun, Semua keputusan kembali lagi kepada Pemerintahan Republik Indonesia dalam hal ini adalah Departemen Pertanian sebagai pembuat keputusan keputusan penting dalam pengambilan kebijakan Benih tanaman.

Memang sangat disayangkan saat presiden Joko Widodo secara besar besar membuka kerjasama dengan China dalam semua Lini di negeri, namun mungkin itulah konsekuensi yang harus ditanggung oleh seluruh rakyat Indonesia

Baca Juga 

Pengertian Definisi Benih Tanaman

Pengendalian Hama dan Penyakit Benih cabai



Benih Tanaman Cabai Impor Rugikan Petani Rawan Penyakit, Hati Hati bagi para petani dalam pengolahan tanamannya





.



Benih Tanaman Cabai Impor Rugikan Petani Rawan Penyakit, Hati Hati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Justo

0 komentar:

Posting Komentar

PERHATIAN !!!!

Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang dibaca.

Berkomentarlah untuk memberikan pendapat yang bisa digunakan untuk membangun blog ini menjadi lebih baik.

Jangan Tinggal link hidup di dalam komentar!!!

Jangan promo barang (jika referensi pengetahuan silahkan), berbau judi dan sara.